Kamis, 07 Mei 2009

Perbedaan Biaya (Cost) Dengan Beban (Expense)

Biaya adalah suatu nilai tukar prasyarat atau pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh suatu manfaat, dimana periodenya lebih dari satu tahun.

Beban adalah penurunan manfaat ekonomi dalam suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pada pembagian kepada penanam modal.

Letak di Laporan Keuangan :

Biaya, di neraca (Belum terpakai, biaya-biaya yang dianggap akan memberi manfaat dimasa yang akan datang, berupa aktiva) Misal : Sewa Dibayar Dimuka

Beban, di laporan laba-rugi (Pengeluaran/Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat memberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang) Misal : Beban Sewa

Periode Akuntansi :

Biaya periodenya lebih dari satu tahun, merupakan pengeluaran modal (capital expenditure)

Beban periodenya kurang dari satu tahun, merupakan pengeluaran pendapatan (revenue expenditure) 

Jumlah Rupiah Yang Dikeluarkan :

Biaya, Jumlah rupiah yang dikeluarkan dalam jumlah yang besar.

Beban, Jumlah rupiah yang dikeluarkan relatif kecil.

Kasus :

Pada awal bulan tanggal 2 Januari 2009, PT. ABC membayar uang sewa kantor sebesar Rp. 800.000 untuk dua bulan dimuka. Pengeluaran (cost) ini merupakan suatu "aktiva" yang berupa "hak untuk menempati kantor selama dua bulan." Setiap hari berlalu dalam bulan tersebut sebagian dari masa pakai harta tadi telah terpakai dan menjadi beban (expense). Pada tanggal 31 Januari 2009 separuhnya telah terpakai sebesar Rp. 400.000 dan harus diperlakukan sebagai beban.

Ayat Jurnalnya :

Beban Sewa                               400.000

          Sewa Dibayar Dimuka                    400.000

Perkiraan sewa dibayar dimuka sekarang mempunyai saldo Rp. 400.000 yang mencerminkan pembayaran dimuka untuk selama satu bulan. Perkiraan beban sewa mencerminkan pengeluaran Rp. 400.000 untuk bulan tersebut. 

 

6 komentar: